Membuat Websites Gratis pada Blogger

Seringkali kita menjumpai situs-situs yang kita kunjungi memiliki sub-domain seperti www.domain.blogspot.com atau www.domain.wordpresss.com. Dan kadang kita berpikir, bisakah kita membuat semacam itu?? Dan apa kegunaannya?? Jelas, membikin websites atau blog membutuhkan keuletan dan kebiasaan tersendiri. Baik dari segi pembuatannya, modifikasi hingga pengembangannya. Kegunaannya pun beragam, mulai dari sisi bisnis, daya tampung, maupun luasnya jangkauan terhadap search engine.
Berikut, akan saya kupas beberapa langkah membuat Blog (khusus saya bahas tentang Blogger mengingat dari segi pengalaman yang saya peroleh).
Beberapa alasan mengapa saya rekomendasikan Blogger, antara lain:
Gratis, untuk semua orang suka tanpa harus mengeluarkan sepeser-pun uang.
Mendukung Bahasa Indonesia, sangat tepat bagi kita yang kurang menguasasi Bahasa Inggris.
Cepat dan Mudah, hanya dengan 3 langkah blog sudah dapat langsung online di jagad Internet.
Banyak Tema, di Blogger kamu akan banyak menjumpai tema-tema atau template-template terbaru. Jadi, tidak perlu khawatir jika ingin mengubah tampilan blog menjadi lebih menarik kedepannya.
Kaya Fitur, Memiliki banyak fitur yang dapat kita pakai sebagai aksesoris Blog sehingga terlihat menarik dan bermanfaat.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Membuat Google account
Kunjungi situs www.Blogger.com kemudian klik pada ikon “BUAT BLOG”. Nanti akan muncul halaman seperti ini:


Klik "CIPTAKAN BLOG ANDA"


• Alamat email : masukkan alamat email untuk Google account bisa dari Yahoo atau provider lain (saya rekomendasikan agar email yang dicantumkan adalah email dari Google; seperti Gmail). Jika belum punya, maka anda bisa membuatnya terlebih dahulu. (klik di sini untuk membuat) mengapa? Sebab Blogger adalah adik seperguruan Google. Ini juga akan memudahkan kita jika sewaktu-waktu ingin mendaftar Google Adsense.
• Buat Password : kata kunci yang akan digunakan untuk log in ke Google account.
• Nama tampilan : Nama yang akan muncul pada setiap postingan blog anda, semisal: Maud Khan atau Bisnis untuk Anak-anak
• Isikan verifikasi kata dan centang Persyaratan & Layanan.
• Lalu “lanjutkan”

2. Mengisi data blog
Langkah selanjutnya adalah mengisi data atau identitas blog yang akan anda buat,


• Judul blog : Judul dari blog kita ( usahakan mengandung keyword yang kita inginkan) misalnya: 92 Maud Khan
• Alamat blog (URL) : alamat blog berbentuk URL (usahakan mengandung keyword juga) misalkan: 92maud. Sehingga tampilan addressnya menjadi http://92maud.blogspot.com
• Kemudian “lanjutkan”

3. Memilih blog template (Tampilan blog)
Langkah yang terakhir adalah menentukan template atau tampilan blog yang kita inginkan. Untuk kebutuhan bisnis, pilih tampilan blog yang enak dipandang, dengan tulisan mudah dibaca.

Lanjutkan

*) Jika kurang puas dengan tampilan dasar yang disediakan, bisa pula mendownloadnya pada halaman-halaman yang menyediakan template gratis. Namun sebagai langkah awal, kita pakai dulu template seadanya agar sudah bisa dicoba dan digunakan langsung.


Sekarang Kita sudah bisa blogging dan mulai posting. Untuk panduan dan Pengembangan-pengembangan selanjutnya, Kawan-kawan bisa temukan tutorialnya di blog ini.

Ok, Selamat mencoba! Mudah-mudahan langkah sederhana ini bisa membantu anda khusunya pemula, untuk fasilitas tulisan pribadi, atau mempromosikan dan membuat bisnis.

0 komentar:

Posting Komentar